Makalah ini adalah bukti telah dikerjakannya tugas mata kuliah Ilmu Budaya Dasar (Soft Skill) dan menjadi pedoman yang bisa dipertanggung jawabkan. Makalah ini dibuat agar kita Membantu perkembangan kepribadian mahasiswa.Pada kesempatan ini saya mengucapkan banyak terimakasih kepada dosen yang telah membimbing saya dan semua pihak sehingga makalah ini dapat saya selesaikan dengan baik walaupun belum sampai ke tahap sempurna .Semoga makalah ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi pembaca .
Andai ada kekurangan dalam makalah ini saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Bekasi, 25 Oktober 2016
Riandharu Prastantyo Nugroho
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Mata kuliah dasar umum atau
Pendidikan umum merupakan pendidikan dasar dan menengah yang mengutamakan
perluasan pengetahuan yang diperlukan oleh peserta didik untuk melanjutkan
pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Pendidikan ini diperlukan di dalam
proses belajar mengajar di perguruan tinggi karena keberadaannya bisa dibilang
penting dalam mendampingi mata kuliah utama sesuai jurusan.
Adapun mata kuliah dasar ini
diberikan dengan tujuan untuk meningkatkan ketakwaan kepada tuhan yang maha
esa, kecerdasan, keterampilan, budi pekerti, kepribadian, dan sebagainya. Hal
ini menjadi penting agar
seorang mahasiswa lulusan perguruan tinggi memiliki keseimbangan dalam berpikir
dan bertindak.
Pengertian,Tujuan,ISD
dan IPS
A. Pengertian ilmu
social dasar
ilmu social dasar adalah ilmu yang mempelajari tentang masalah manusia dan
kebudayaan khusnya yang berada di indonesia. Dan Ilmu sosial dasar
juga salah satu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang masalah social
didalam masyarakat yang menggunakan teori-teori (fakta,teori, konsep) dalam
pencarian bukti-bukti dilapangan, dan berasal dari beberapa bidang
ilmu pengetahuan, yaiti: Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu
Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah.
· Menurut
Kamus Besar Bahasa Indonesia, ilmu ada 2 pengertian.
1. Ilmu adalah pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode-metode tertentu, yang dapat digunakan untuk menerapakan gejala-gejala di bidang (pengetahuan)tertentu.
2. Ilmu adalah sebagai pengetahuan atau kepandaian tentang soal duniawi, akhirat, lahir, bathin, danlain-lain.
B. TUJUAN ILMU SOCIAL DASAR
Tujuan
dari ilmu social dasar adalah agar dapat memberikan pengetahuan dasar tentang konsep-konsep
yang di kembangan untuk mekaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Dan juga
untuk memperluas wawasan pemikitan serta kemampuan kritisterhadap nilai-nilai
budaya. Sebagai salah satu dari Mata Kuliah Dasar Umum, Ilmu Sosial Dasar
mempunyai tujuan pembinaan mahasiswa seperti :
a. Memahami
dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial danmasalah-masalah
sosial yang ada dalam masyarakat.
b. Peka
terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalamusaha-usahamenanggulanginya.
c. Menyadari
bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakatselalu bersifat
kompleks dan hanya dapat mendekatinya
mempelajarinya)secara kritis-interdisipliner.
d. memahami
jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dandapat
berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulanganmasalah
sosial yang timbul dalam masyarakat.
c. 3 kelompok ilmu pengetahuan
Berdasarkan yang ada dari buku-buku besar yang dijadikan sumber
dan patokannya ilmu pengetahuan dibagi menjadi tiga yaitu:
· Ilmu pengetahuan alam
a. Ilmu
pengetahuan alam adalah ilmu yang semua kaitannya tentang nilai kehidupan dan
ilmu pengathuan alam dibagi menjadi beberapa pecahan seperti
b. Bilogi
c. Kimia
d. Fisika
·
Ilmu pengetahuan sosial
ilmu pengetahuan sosial adalah ilmu yang mempelajari tentang unsur-unsur
atau nilai-nilai dari berinteraksi sosial, nilai kehidupan dalam melakukan
suatu kegiatan, berpikir menjadi orang yang mempunyai tenggang rasa sesama
manusia dan didalam ilmu pengatahuan sosial dibagi menjadi beberapa ilmu
seperti: sejarah, geografi, ekonomi, dan masih banyak lagi yang lainya.
- Budaya
Penjelasan Ilmu Pengetahuan Budaya adalah ilmu-ilmu pengetahuan yang
dianggap bertujuan membuat manusia lebih manusiawi, dalam arti membuat manusia
lebih berbudaya. Kategori yang tergolong dalam ilmu ini seperti (Teologi, Filsafat,H
ukum, Sejarah, Filologi, Bahasa, Budaya & Linguistik (Kajian bahasa),
Kesusastraan, Kesenian, Psikologi). Sedangkan Ilmu Budaya Dasar adalah suatu
ilmu yang mempelajari dasar dasar kebudayaan pola yang terjadi dalah kehidupan
sehari - hari dalam manusia.
C. ILMU SOSIAL
DASAR DAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Ilmu
Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kedua-duanyamempunyai
persamaan dan perbedaan.
Adapun
persamaan antara keduanya adalah :
·
Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan programpendidikan/pengajaran.
·
Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
·
Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan
sosial dan masalah sosial.
Adapun perbedaan antara keduanya adalah :
·
Ilmu Sosial Dasar diberikan di Perguruan Tinggi,
sedang Ilmu PengetahuanSosial diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah
Lanjutan.
·
Ilmu Sosial Dasar merupakan satu matakuliah tunggal,
sedang IlmuPengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah
mata pelajaran(untuk sekolah lanjutan).
·
Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap
dan kepribadian,sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada
pembentukanpengetahuan dan ketrampilan intelektual.
D. RUANG LINGKUP ILMU SOSIAL DASAR
Materi
Ilmu Sosial Dasar terdiri atas masalah-masalah sosial. Untuk dapatmenelaah
masalah-masalah sosial, hendaknya terlebih dahulu kita dapatmengindentifikasi
kenyataankenyataan sosial dan memahami sejumlah konsepsosial
tertentu. Sehingga dengan demikian bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasardapat
dibedakan atas tiga golongan yaitu :
1. Kenyataan-kenyataan
sosial yang ada dalam masyarakat, yang secarabersama-sama merupakan
masalah sosial tertentu.
Kenyataan-kenyataan
sosial tersebut sering ditanggapi secara berbedaoleh para ahli
ilmu-ilmu sosial, karena adanya perbedaan latar belakangdisiplin
ilmu atau sudut pandangannya. Dalam Ilmu Sosial Dasar kita menggunakan
pendekatan interdisiplin/multidisiplin.
2. Konsep-konsep
sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataankenyataan sosial dibatasi
pada konsep dasar atau elementer saja yangsangat diperlukan
untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahasdalam
Ilmu Pengetahuan sosial.
Sebagai
contoh dari konsep dasar semacam itu misalnya konsep"keanekaragaman"
dan kosep "Kesatuan sosial". Bertolak dari keduakonsep
tersebut di atas, maka dapat kita pahami dan sadari bahwa didalam
masyarakat selalu terdapat :
a. Persamaan
dan perbedaan pola pemikiran dan pola tingkah laku baiksecara
individual atau kelompok/golongan.
b. Persamaan
dan perbedaan kepentingan persamaan
dan perbedaan itulah yang menyebabkan sering timbulnyapertentangan/konflik, kerja-sama,
kesetiakawanan antar individu dangolongan.
3.
Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibatdalam
berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu denganlainnya
saling berkaitan.
Konsorsium
Antar Bidang telah menetapkan bahwa perkuliahan Ilmu Sosial Dasar terdiri dari
8 (delapan) pokok bahasan. Dari ke delapan Pokok Bahasan tersebut maka ruang
lingkup perkuliahan Ilmu Sosial Dasar diharapkan mempelajari dan memahami
adanya :
1. Berbagai masalah kependudukan dalam
hubungannya denganperkembangan masyarakat dan kebudayaan.
2. Masalah individu,
keluarga dan masyarakat.
3. Masalah pemuda dan
sosialisasi.
4. Masalah hubungan
antara warga negara dan negara.
5. Masalah pelapisan
sosial dan kesamaan derajat.
6. Masalah masyarakat
perkotaan dan masyarakat pedesaan.
7. Masalah
pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi.
8. Pemanfaatan ilmu
pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dankesejahteraan
masyarakat.
Daftar Pusaka :
http://mutia1333.blogspot.co.id/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar