Selasa, 25 Oktober 2016

ISD SEBAGAI MKDU

ILMU SOSIAL DASAR SEBAGAI MATA KULIAH DASAR UMUM


Kata Pengantar

Rasa syukur patut saya panjatkan kehadirat Tuhan yang telah mengizinkan dan memberi berbagai macam nikmat ,salah satunya ialah nikmat kemudahan kepada saya dalam membuat dan menyusun “Makalah Ilmu Sosial dasar sebagai MKDU .  Hal yang paling mendasar yang mendorong saya menyusun makalah ini adalah tugas dari mata kuliah Ilmu Budaya Dasar (Soft Skill).
Makalah ini adalah bukti telah dikerjakannya tugas mata kuliah Ilmu Budaya Dasar (Soft Skill) dan  menjadi pedoman yang bisa dipertanggung jawabkan. Makalah ini dibuat agar kita Membantu perkembangan kepribadian mahasiswa.Pada kesempatan ini saya mengucapkan banyak terimakasih kepada dosen yang telah  membimbing saya dan semua pihak sehingga makalah ini dapat saya selesaikan dengan baik walaupun belum sampai ke tahap sempurna .Semoga makalah ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi pembaca .
Andai ada kekurangan dalam makalah ini saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Bekasi, 25 Oktober 2016

Riandharu Prastantyo Nugroho
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Mata kuliah dasar umum atau Pendidikan umum merupakan pendidikan dasar dan menengah yang mengutamakan perluasan pengetahuan yang diperlukan oleh peserta didik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Pendidikan ini diperlukan di dalam proses belajar mengajar di perguruan tinggi karena keberadaannya bisa dibilang penting dalam mendampingi mata kuliah utama sesuai jurusan.
Adapun mata kuliah dasar ini diberikan dengan tujuan untuk meningkatkan ketakwaan kepada tuhan yang maha esa, kecerdasan, keterampilan, budi pekerti, kepribadian, dan sebagainya. Hal
ini menjadi penting agar seorang mahasiswa lulusan perguruan tinggi memiliki keseimbangan dalam berpikir dan bertindak.


Pengertian,Tujuan,ISD dan IPS


A.    Pengertian ilmu social dasar
ilmu social dasar adalah ilmu yang mempelajari tentang masalah manusia dan kebudayaan khusnya yang berada di indonesia. Dan  Ilmu sosial dasar juga salah satu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang masalah social didalam masyarakat yang menggunakan teori-teori (fakta,teori, konsep) dalam pencarian bukti-bukti dilapangan,  dan berasal dari beberapa bidang ilmu pengetahuan, yaiti: Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah.

·         Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, ilmu ada 2 pengertian.

1. Ilmu adalah pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode-metode tertentu, yang dapat digunakan untuk menerapakan gejala-gejala di bidang (pengetahuan)tertentu.

2. Ilmu adalah sebagai pengetahuan atau kepandaian tentang soal duniawi, akhirat, lahir, bathin, danlain-lain.

B. TUJUAN ILMU SOCIAL DASAR
Tujuan dari ilmu social dasar adalah agar dapat memberikan pengetahuan dasar tentang konsep-konsep yang di kembangan untuk mekaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Dan juga untuk memperluas wawasan pemikitan serta kemampuan kritisterhadap nilai-nilai budaya. Sebagai salah satu dari Mata Kuliah Dasar Umum, Ilmu Sosial Dasar mempunyai tujuan pembinaan mahasiswa seperti :
a. Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial danmasalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
b. Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalamusaha-usahamenanggulanginya.
c. Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakatselalu bersifat kompleks  dan hanya dapat mendekatinya mempelajarinya)secara kritis-interdisipliner.
d. memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dandapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulanganmasalah sosial yang timbul dalam masyarakat.


         c.  3 kelompok ilmu pengetahuan

Berdasarkan yang ada dari buku-buku besar yang dijadikan  sumber dan patokannya ilmu pengetahuan dibagi menjadi tiga yaitu:

·         Ilmu pengetahuan alam

a.       Ilmu pengetahuan alam adalah ilmu yang semua kaitannya tentang nilai kehidupan dan ilmu pengathuan alam dibagi menjadi beberapa pecahan seperti

b.      Bilogi
c.       Kimia
d.      Fisika
·          
      Ilmu pengetahuan sosial

ilmu pengetahuan sosial adalah ilmu yang mempelajari tentang unsur-unsur atau nilai-nilai dari berinteraksi sosial, nilai kehidupan dalam melakukan suatu kegiatan, berpikir menjadi orang yang mempunyai tenggang rasa sesama manusia dan didalam ilmu pengatahuan sosial dibagi menjadi beberapa ilmu seperti: sejarah, geografi, ekonomi, dan masih banyak lagi yang lainya.
    
-  Budaya

Penjelasan  Ilmu Pengetahuan Budaya adalah ilmu-ilmu pengetahuan yang dianggap bertujuan membuat manusia lebih manusiawi, dalam arti membuat manusia lebih berbudaya. Kategori yang tergolong dalam ilmu ini seperti (Teologi, Filsafat,H ukum, Sejarah, Filologi, Bahasa, Budaya & Linguistik (Kajian bahasa), Kesusastraan, Kesenian, Psikologi). Sedangkan Ilmu Budaya Dasar adalah suatu ilmu yang mempelajari dasar dasar kebudayaan pola yang terjadi dalah kehidupan sehari - hari dalam manusia.
C. ILMU SOSIAL DASAR DAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kedua-duanyamempunyai persamaan dan perbedaan.
Adapun persamaan antara keduanya adalah :
·         Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan programpendidikan/pengajaran.
·         Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
·         Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.
Adapun perbedaan antara keduanya adalah :
·         Ilmu Sosial Dasar diberikan di Perguruan Tinggi, sedang Ilmu PengetahuanSosial diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan.
·         Ilmu Sosial Dasar merupakan satu matakuliah tunggal, sedang IlmuPengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran(untuk sekolah lanjutan).
·         Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian,sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukanpengetahuan dan ketrampilan intelektual.

D. RUANG LINGKUP ILMU SOSIAL DASAR
Materi Ilmu Sosial Dasar terdiri atas masalah-masalah sosial. Untuk dapatmenelaah masalah-masalah sosial, hendaknya terlebih dahulu kita dapatmengindentifikasi kenyataankenyataan sosial dan memahami sejumlah konsepsosial tertentu. Sehingga dengan demikian bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasardapat dibedakan atas tiga golongan yaitu :
1. Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat, yang secarabersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.
Kenyataan-kenyataan sosial tersebut sering ditanggapi secara berbedaoleh para ahli ilmu-ilmu sosial, karena adanya perbedaan latar belakangdisiplin ilmu atau sudut pandangannya. Dalam Ilmu Sosial Dasar kita menggunakan pendekatan interdisiplin/multidisiplin.
2. Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan­kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yangsangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahasdalam Ilmu Pengetahuan sosial.
Sebagai contoh dari konsep dasar semacam itu misalnya konsep"keanekaragaman" dan kosep "Kesatuan sosial". Bertolak dari keduakonsep tersebut di atas, maka dapat kita pahami dan sadari bahwa didalam masyarakat selalu terdapat :
a. Persamaan dan perbedaan pola pemikiran dan pola tingkah laku baiksecara individual atau kelompok/golongan.
b. Persamaan dan perbedaan kepentingan persamaan dan perbedaan itulah yang menyebabkan sering timbulnyapertentangan/konflik, kerja-sama, kesetiakawanan antar individu dangolongan.
3. Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibatdalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu denganlainnya saling berkaitan.
Konsorsium Antar Bidang telah menetapkan bahwa perkuliahan Ilmu Sosial Dasar terdiri dari 8 (delapan) pokok bahasan. Dari ke delapan Pokok Bahasan tersebut maka ruang lingkup perkuliahan Ilmu Sosial Dasar diharapkan mempelajari dan memahami adanya :
1. Berbagai masalah kependudukan dalam hubungannya denganperkembangan masyarakat dan kebudayaan.
2. Masalah individu, keluarga dan masyarakat.
3. Masalah pemuda dan sosialisasi.
4. Masalah hubungan antara warga negara dan negara.
5. Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat.
6. Masalah masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan.
7. Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi.
8. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dankesejahteraan masyarakat.

Daftar Pusaka :

http://mutia1333.blogspot.co.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Labels

Flickr